telur bebek lebih baik dari telur ayam

10 Alasan Mengapa Telur Bebek Lebih Baik Daripada Telur ayam

Telur adalah salah satu sumber protein yang bagus untuk kita. Telur yang dimanfaatkan sebagai konsumsi diantaranya telur bebek, telur ayam dan telur puyuh. Di Indonesia, telur bebek banyak dimanfaatkan sebagai konsumsi, mulai dari dibuat telur asin hingga dijadikan bahan pembuatan martabak telur.

Dari beberpa hal ternyata ternyata telur bebek memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan telur ayam, baik dari usia simpan, kandungan nutrisinya dan lain sebagainya. Nah, inilah 10 alasan mengapa telur bebek lebih baik dibandingkan telur ayam.

1. Telur bebek memiliki umur simpan yang lebih lama.

Telur bebek memiliki cangkang yang lebih tebal dibandingkan telur ayam. Dan cangkang yang lebih tebal memungkinkan telur bebek akan tetap segar lebih lama dari telur ayam.

2. Telur bebek berbeda

Sebagian besar dari anda pernah mengkonsumsi telur Ayam, Rasa telur bebek sedikit berbeda dibandingkan dengan telur ayam. Telur bebek memiliki rasa yang lebih kental dan lebih kaya dibandingkan dengan telur ayam. Beberapa orang yang memiliki alergi terhadap telur ayam bahkan bisa mengkonsumsi telur bebek tanpa alergi.

3. Telur bebek memiliki ukuran yang lebih besar

Telur bebek memiliki ukuran yang lebih besar dibanding telur ayam normal. Putih telur dari telur bebek mengandung lebih banyak protein (9 gram protein untuk telur bebek; 6 gram untuk telur ayam), dan kuning telur lebih besar sebanding dengan putih telur dibandingkan dengan telur ayam. Kuning telur yang lebih besar memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi, lemak yang lebih sehat, dan bahkan sedikit kolesterol.

4. Asam Lemak Omega 3 yang Lebih Sehat pada telur bebek

Omega-3 berkontribusi terhadap kesehatan jantung dan dapat mengurangi resiko peradangan. Beberapa peneliti percaya peradangan dapat berkontribusi pada penyakit jantung dan kanker.

5. Telur Bebek Me ngandung Lebih Banyak Vitamin D.

Telur bebek memiliki kandungan vitamin D yang lebih banyak, terutama jika mereka dipelihara bebas. Vitamin D mendukung kesehatan tulang dan kulit, serta suasana hati. Bebek dipelihara bebas jauh lebih mungkin memiliki tingkat vitamin D yang lebih tinggi dari sinar matahari.

6. Telur bebek memiliki kandungan Vitamin dan Mineral yang lebih baik

Telur bebek mungkin mengandung vitamin dan mineral esensial yang lebih tinggi seperti tiamin, niasin, riboflavin, asam pantotenat, folat, vitamin B6, vitamin E, vitamin A, vitamin B12, dan retinol.

Tentu saja, kualitas kuning telur dan nutrisi tergantung pakan yang diberikan atau dikonsumsinya. Idealnya, bebek memiliki akses ke luar untuk memakan tanaman dan serangga, seperti ayam, dan telur mereka akan mencerminkan hal ini.

7. Lebih efisien untuk menghasilkan telur.

Untuk menghasilkan bebek petelur biaya yang dikeluarkan akan lebih murah dibandingkan untuk menghasilkan telur pada ayam. Bahan pakan yang digunakan agar bebek rajin bertelur lebih murah jika dibandingkan untuk ayam. Bebek juga cenderung selalu bertelur sepanjang tahun sedangkan ayam produksi telurnya akan berkurang pada saat mabung (berganti bulu).

8. Bebek Lebih Mudah Dipelihara daripada Ayam

Anda mungkin tidak menyadarinya, bahwa bebek bisa jauh lebih mudah dipelihara daripada ayam. Bebek umumnya lebih tahan, lebih sehat dan tidak suka mengorek tanah halaman Anda.

9. Telur Bebek Merupakan Bahan baku Rahasia untuk pembuatan roti

Jika anda suka membuat kue, telur bebek akan memberikan hasil yang lebih pulen, dan lebih enak.Rahasianya adalah pada kandungan protein yang terdapat pada telur bebek yang lebih banyak dibanding pada telur ayam sehingga membuatnya lebih mudah saat dimasak.

10. Telur Bebek lebih Tangguh dan Indah

Telur bebek indah, tahan lama, dan beragam warna mulai dari telur putih hingga telur hijau hingga telur abu-abu, tergantung dari jenisnya. Dengan cangkang yang lebih besar dan lebih kuat, maka bisa dimanfaatkan untuk bahan kerajinan yang lebih baik.

Itulah 10 alasan mengapa telur bebek lebih baik jika dibandingkan dengan telur ayam. Kedua telur tersebut mudah diperoleh baik itu dari petaninya langsung, pedagang eceran maupun beli dipasar. Tentu saja dengan beberapa keunggulan telur bebek diatas, maka harganya tentu sedikit lebih mhal dari telur ayam.

__Posted on
July 25, 2020
__Categories
Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *