Ayam Pheasant

13 Jenis Ayam Hias Yang Cukup Populer Di Indonesia

[dropcap]B[/dropcap]anyak orang memelihara satwa sebagai penghias kebun atau rumah mereka. Salah satu satwa atau hewan yang cukup populer dan banyak dipelihara adalah ayam hias atau ayam pameran. Ayam pameranpun masih terbagi menjadi berbagai jenis dari yang paling murah hingga ayam hias termahal banyak dipelihara dan dibudidayakan di Indonesia.

Setiap ayam hias mempunyai karakter masing-masing, biasanya penghobi menyukai ayam hias sesuai dengan karakter yang disukainya, misalnya ayam hias yang memiliki ekor panjang, yang memiliki bulu berwarna-warni, yang memiliki bentuk yang lucu dan lain sebagainya.

Jenis-jenis Ayam hias

Berikut ini beberapa jenis ayam hias serta keunikannya yang banyak dipelihara dan dikembangkan di Indonesia, bahkan sebagian penjual ayam hias, memperjualbelikan jenis jenis ayam ini :

Ayam Pheasant

Ayam PheasantAyam ini dikenal juga dengan nama burung pegar atau ayam pegar, merupakan nama umum dari kelompok burung yang termasuk dalam famili Phasianidae ordo Galliformes. Ayam Pheasant merupakan jenis ayam yang memiliki sifat dimorfisme seksual yang kuat, sehingga pada spesies jantan memiliki warna bulu yang lebih cerah dan berwarna warni serta ukuran ekor yang lebih besar dan panjang. Ada berbagai jenis ayam pheasant yang ada di dunia yang biasanya memiliki nama, asal usul dan ciri khas yang berbeda.

Ayam Onagadori

ayam onagadori
source:wikipedia.com

Ayam jenis ini juga merupakan jenis ayam yang cukup populer di kalangan penghobi ayam hias. Ayam hias ekor panjang ini dikenal karena memiliki karakter yang cukup unik, yaitu bulunya yang cukup panjang bahkan bulu dari onagadori ini bisa mencapai panjang 5 meter.

Ayam Cemani

ayam cemani
source: cemanifarm.com
Karakter ayam cemani ini cukup unik, yakni semua bagian tubuhnya berwarna hitam dari bulu, jengger, kaki, kulit bahkan sampai lidahnya berwarna hitam. Dahulu kala, ayam hias asli Indonesia ini banyak digunakan untuk melakukan ritual atau sebagai persembahan. Namun seiring perkembangan jaman ayam cemani juga dikenal sebagai ayam hias yang banyak diminati bahkan sampai ke manca negara. Semakin mutlak warna hitam diseluruh bagian tubuhnya maka harganya semakin mahal.

Ayam Mutiara

ayam mutiara
source:hidupsimpel.com
Ayam ini memiliki bulu berwarna abu-abu dengan totol berwarna putih di bagian tubuhnya. Karakter dari ayam ini yaitu suaranya yang cukup berisik, bentuk tubuhnya yang agak gempal, banyak memproduksi telur dan hidup bergerombol. Ayam mutiara merupakan ayam hias impor yang berasal dari Afrika.

Ayam Kate/Bantam

ayam bantam
source:pixabay.com
Ayam Kate atau ayam bantam merupakan jenis ayam yang memiliki ukuran cukup kecil. Ayam kate asli merupakan jenis unggas kecil dan tidak memiliki padanan ayam berukuran besar. Sebutan bantam sendiri dikenal dari para pelaut eropa yang singgah di kota bantam atau sekarang dikenal dengan karesidenan Banten dan menemukan jenis-jenis ayam kecil asli dari Asia Tenggara.

Ayam Sultan

ayam sultan
source:dejongeturken.com

Ayam ini berasal dari Turki, di negara Turki ayam ini dinamakan Serai Tavuk yang artinya unggas dari istana. Ayam ini sering dijadikan simpanan atau hiasan di taman Kasultanan Ottoman. Ayam hias yang satu ini memili ciri yang cukup unik yaitu memilkki jengger berbentuk huruf v, memiliki jengger dan janggut, hidung besar, terdapat bulu pada betisnya, dan jari kakinya ada 5.

Ayam Batik

ayam batik
source:puncakbukit.com

Dinamakan ayam batik karena memiliki motif yang unik pada bulunya, yakni menyerupai motif batik. Ada dua jenis ayam batik yaitu ayam batik itali yang memiliki warna bulu hitam dan merah. Sedangkan yang satunya adalah ayam batik kanada dengan perpaduan warna bulu hitam dan putih. Meskipun memiliki nama ayam batik Kanada dan ayam batik Itali namun sesungguhnya ayam ini berasal dari Inggris.

Ayam Serama

ayam serama
source:hidupsimpel.com
Ayam ini masih merupakan jenis ayam bantam yang dikembangkan di negeri Jiran Malaysia. Karakter dari ayam hias ini termasuk unik dan lucu, yaitu meskipun tubuhnya kecil namun bentuk badannya tegap layaknya seorang tentara yang sedang berbaris.

Ayam brahma

Ayam brahma
source:pixabay.com
Menurut Wikipedia Ayam Brahma ini berasal dari Amerika Serikat, namun ada sumber lain yang menyebutkan bahwa ayam brahma berasal dari India. Ini merupakan spesies ayam unggul karena memiliki tubuh yang besar. Tiga varietas warna dari ayam brahma yang di akui oleh American Standard of Perfection adalah terang gelap dan berkilau.

Ayam Poland

Ayam Poland
source:pixabay.com
Ini merupakan jenis ayam jambul Eropa, ciri paling unik dari jenis ayam ini adalah penampilan wajahnya yang terkesan dingin serta memiliki bulu jambul yang menutupi sebagian besar wajahnya. Kelebihan lain dari jenis ayam poland adalah bulunya yang cukup cantik.

Ayam Kapas

Ayam kapas silkie
source:pixabay.com
Dikenal juga dengan nama silkie Chicken. Dinamakan silkie karena karaakter bulunya yang lembut dan cantik bahkan lebih mirip seperti bulu hewan mamalia. Selain bulunya yang Indah ayam ini juga memiliki perawakan yang cukup bagus sehingga enak dipandang. Ada banyak varian warna pada ayam kapas ini, akan tetapi yang paling populer adalah yang berwarna putih.

Ayam Frizzle atau Ayam Walik

Ayam Frizzle ayam walik
source:backyardchickens.com
Ayam ini memiliki karakter bulu yang cukup unik, berbeda dengan bulu ayam lain, karakter bulu dari ayam ini seperti terbalik oleh karena itu disebut sebagai ayam walik atau Frizzle. Karena bulunya yang seperti itu maka bulunya tidak cukup untuk melindunginya dari hawa dingin sehingga ayam ini tidak tahan pada cuaca dingin, dan juga ayam ini tidak bisa terbang.

Ayam Kalkun

ayam kalkun
source:pixabay.com
Ayam ini mungkin sudah tidak begitu asing di telinga Anda. Selain diambil dagingnya sebagai konsumsi ayam ini juga sering digunakan sebagai ayam hias, karena kalkun juga memiliki bulu yang cukup indah. Ayam ini juga dikenal memiliki rentang sayap yang cukup lebar yakni antara 1,5 hingga 1,8 meter.

__Posted on
October 31, 2019
__Categories
Artikel, Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *