Budidaya Merak

Budidaya Burung Merak

Merak memang cukup menarik untuk dijadikan hewan peliharaan, bulu ekornya yang cantik dapat juga dijual sebagai tambahan penghasilan selain hasil dari telur dan anakannya. Burung merak adalah unggas pemakan biji-bijian, serangga, ular kecil, ikan kecil, dan katak, sehingga mereka juga cocok untuk dijadikan sebagai pengusir hama.

Perkembang Biakan Merak

Merak merupakan burung poligami, merak jantan akan mengawini 4 hingga 5 merak betina saat musim kawin. Ketika berusia 2 tahun hingga 3 tahun, merak akan menghasilkan beberapa telur saat musim kawin, baru ketika usia mereka menginjak 4 tahun, mereka akan menghasilkan 5 hingga 9 butir telur selama setahun. 1 induk merak tidak akan bisa mengerami lebih dari 10 butir telur. Apabila ada cukup banyak telur untuk dierami, kita bisa menggunakan induk ayam kalkun atau menggunakan inkubator atau mesin tetas. Sarang yang baik untuk merak biasanya menggunakan semak semak yang tebal.

Inkubasi dan masa mengerami burung merak

Masa inkubasi telur merak sekitar 28 hingga 30 hari, metode paling mudah untuk mengembangbiakan merak adalah dengan membiarkan induk merak (bisa juga menggunakan foster/ ibu asuh) mengerami telurnya secara alami dikandang mereka selama 6 hingga 7 minggu. Namun untuk merak yang masih muda biasanya sering tidak menetap dalam satu tempat ketika bertelur. Jika hal ini terjadi, kita harus mengumpulkannya dan menempatkan di mesin penetas. Anak ayam hasil tetasan dari mesin penetas bisa diasuh oleh kalkun atau bisa juga ditempatkan di kandang inkubasi yang nyaman.

Sebaiknya membatasi induk agar tidak berkeliaran, sebab ketika induk berkeliaran dengan anak-anaknya ada kemungkinan anak-anaknya akan hilang tersesat atau dimangsa hewan predator dan karena cuaca buruk. Biarkan anak merak dan induknya dikurung selama satu minggu, kemudian setelah minggu kedua anakan bebas untuk berkeliaran namun tetap kembali ke induknya yang ada di dalam kandang. Biarkan induk tetap didalam kandang agar anak merak tidak mencari-cari induknya. Baru setelah 7 minggu induk dapat dilepaskan.

Makanan Merak

Anakan merak dapat diberikan makanan kalkun, bisa juga diberikan starter untuk kalkun atau ransum pertumbuhan selama 4 bulan. Apabila tidak ada pakan kalkun, kita juga bisa memberikan pakan ayam, akan tetapi karena kandungan protein pada pakan ayam lebih kecil dari yang seharusnya diperlukan untuk pertumbuhan kalkun, maka kita harus memberikan tambahan protein berupa serangga seperti jangkrik atau ulat. Pastikan grit, cangkang tiram dan air selalu tersedia setiap saat.

Kandang Ideal Untuk Merak

Merak merupakan hewan peliharaan yang tergolong susah untuk dikekang, mereka sangat senang untuk terbang tinggi dan hinggap di pepohonan. Jika anda harus menempatkannya didalam kandang, pastikan kandang yang anda gunakan untuk memelihara mereka cukup luas dan tinggi, serta berikan tempat bertengger yang tinggi agar mereka lebih nyaman. Lebih baik jika terdapat rerumputan yang luas. Pastikan tinggi kandang setidaknya 7 kaki atau sekitar 2.2meter untuk mencegah merak melompat dan melukai diri sendiri.

Jika anda ingin memelihara merak dan ingin tahu dimana tempat jual merak yang bagus dan terpercaya, jangan sungkan untuk kontak kami melalui link whatsapp yang ada di pojok kanan bawah halaman ini. Terima kasih.

__Posted on
July 23, 2020
__Categories
Burung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *