Siamese Fireback Pheasant

Jenis Ayam Pheasant Terpopuler Di Indonesia

[dropcap]M[/dropcap]enurut Wikipedia Ayam Pheasant atau juga dikenal sebagai burung pegar adalah merupakan burung dari beberapa genera yang termasuk dalam famili Phasianidae dalam urutan Galliformes. Meskipun saat ini dapat ditemukan di seluruh dunia karena populasinya telah banyak diperkenalkan, walaupun jelajah asli ayam hias istimewa ini terbatas di Asia saja.

Pheasant ini memiliki tanda dimorfisme sek2ual yang kuat, terlihat dari warna warni bulu yang indah dan beraneka warna pada spesies jantan. Pheasant jantan juga memiliki hiasan berupa pial. Untuk ukuran tubuhnya ayam pheasant jantan biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan pada betinanya. Selain itu jantannya juga tidak memiliki peran dalam membesarkan anak mereka.

Ayam pegar ini termasuk hewan pemakan biji-bijian dan serangga. Namun ketika dalah kandang pembudidayaan biasanya diberikan makan berupa voer, kacang tanah, jagung giling, beras merah dan kadang kala diberikan makanan tambahan berupa jangkrik ataupun ulat kandang dan ulat hongkong.

Jenis Ayam Pheasant

Ada banyak sekali jenis ayam pheasant yang hidup dan berkembang di berbagai belahan dunia, sebagian besar telah banyak beredar dan populer di Indonesia. Berikut ini beberapa jenis ayam pheasant yang cukup dikenal di Indonesia diantaranya.

Golden Pheasant

Golden pheasant

Golden Pheasant atau pegar Emas sering juga disebut ayam Tibet karena memang populasi asalnya dari Tibet China. Golden pheasant merupakan jenis pheasant yang cukup diminati di Indonesia. Memiliki karakter bulu berwarna warni (kuning emas, merah, biru, hitam dan coklat) di tubuhnya. Karena warnanya yang indah inilah yang menjadi daya tarik ayam hias ini.

Lady Amherst Pheasant

lady amherst pheasant

Lady Amherst pheasant memiliki nama ilmiah Chrysolophus amherstiae. Spesies ini juga berasal dari Cina tepatnya Cina barat daya dan dibagian utara Myanmar. LAdy Amherst berukuran sedikit lebih besar dibandingkan golden pheasant, ukurannya bisa mencapai 100 hingga 120cm pada ayam dewasa. Lady amhesrt juga memiliki mantel dan mirip seperti golden pheasant hanya saja warnanya putih bukan kuning seperti golden pheasant. Ia memiliki mata berwarna kuning, kulit telanjang biru-hijau di sekitarnya. Paruhnya berwarna seperti tanduk sedangkan kakinya berwarna biru keabu-abuan.

Ringneck Pheasant

ringneck pheasant

Ringneck merupaka burung yang juga masuk dalam famili Phasianidae. merupakan burung besar seperti ayam dengan ekor yang panjang serta berbentuk runcing. Ringneck pheasant ini memiliki ciri ukuran kaki yang cukup panjang, kepala kecil, leher panjang, serta bentuk tubuh yang montok. Disebut ringneck karena memiliki motif kalung berwarna putih di lehernya. Ringneck Sendiri memiliki beberapa jenis diantaranya ringneck merah, ringneck hijau, ringneck putih dan lain sebagainya.

Yellow Pheasant

yellow pheasant
source:gamebirdfowl.com

Seperti namanya yellow pheasant memiliki bulu dominan berwarna kuning di hampir seluruh bagian tubuhnya. Jenis ini juga masih saudara dekat golden pheasant, sehingga bentuk dan ukurannyapun sangat mirip. Uniknya jenis ini merupakan jenis pheasant yang memiliki sifat kanibal, ia akan memakan ayam lain jika asupan makanannya tidak tercukupi dengan baik.

Reeves Pheasant

Reeves Pheasant

Reeves merupakan jenis pheasant berukuran besar dalam genus Syrmaticus. Reeves pheasant ini juga merupakan burung pegar endemik dari china. Selain itu reeves juga merupakan jenis ayam pheasant yang memiliki ekor paling panjang, bahkan panjang ekornya bisa mencapai 2 meter. Bulu tubuhnya berwarna kuning dengan corak seperti sisik.

Silver Pheasant

silver pheasant

Silver pheasant yakni burung pegar yang banyak ditemukan di hutan, terutama di daerah pegunungan kawasan Asia tenggara, cina timur dan selatan dengan populasi yang pertama kali diperkenalkan di Hawaii serta berbagai wilayah di daratan Amerika Serikat. Bulu pada ayam jantannya berwarna dominan putih dan hitam, sedangkan pada betinanya seperti kebanyakan pheasant lain memiliki bulu berwarna coklat.

Swinhoe Pheasant

Swinhoe Pheasant
source:wikipedia.com

Swinhoe juga dikenal sebagai Taiwan Blue Pheasant. Swinhoe merupakan burung endemic negara Taiwan dan sering juga dianggap sebagai Simbol tidak resmi negara Taiwan karena warnanya yang menyerupai bendera Taiwan yakni merah, putih dan biru. Swinhoe jantan memiliki bulu berwarna biru putih dan merah ditubuhnya, burung atau ayam hias ini bisa tumbuh hingga 79cm.

Siamese Fireback Pheasant

Siamese Fireback Pheasant
source:pinterest.com

Siamese Fireback memiliki nama ilmiah Lophura diardi dan juga sering disebut sebagai Diard’s fireback. Ukuran tubuh dari ayam hias ini juga cukup besar hingga mencapai 80cm. Siamese jantan memiliki bulu berwarna abu-abu dengan caruncle wajah yang luas, kaki berwarna merah tua, bulu lambang hias seperti kuncir berwarna hitam, iris coklat kemerahan dan ekor kehitaman panjang melengkung.

__Posted on
November 1, 2019
__Categories
Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *