Karakteristik Finch Gould Amadine

Mengenal Karakteristik burung Finch

Seperti kita ketahui ada banyak sekali jenis dari burung finch ini, berbagai jenis tersebar dan dapat ditemukan di berbagai belahan dunia. Meskipun ada ratusan spesies finch seperti gould amadine, zebra finch, owl finch, emprit jepang dan masih banyak lagi dan setiap spesies memiliki perbedaan antara satu dengan yang lainnya, akan tetapi mereka memiliki beberapa kesamaan karakteristik tertentu.

Beberapa jenis dari burung finch banyak digemari sebagai hewan peliharaan, mereka memiliki persyaratan umum dalam perawatan. Agar tidak salah dalam menangani kita perlu mengetahui karakter yang dimiliki oleh burung jenis pipit ini. Sehingga kita tidak salah dalam merawatnya.

Karakter Fisik Burung Finch

Meskipun setiap jenis finch memiliki variasi warna dan ukuran akan tetapi mereka memiliki karakteristik yang relatif sama. Mereka memiliki ukran yang kecil berkisar antara 4 hingga 6 inch. Mereka memeiliki kepala berbentuk bundar denga paruh berbentuk segitiga, serta dengan bentuk tubuh bulat atau sedikit memanjang. Sayapnya terlihat runcing dengan ekor bercabang.

Karakter Sosial Burung Finch

Finch merupakan burung sosial yang suka berkoloni. Di alam liar mereka suka berkelompok atau bergerombol. Oleh karena itu ketika anda memeliharanya dirumah sebaiknya anda tidak memeliharanya satu ekor saja. Berikan pasangan atau tempatkan mereka berkelompok yang terdiri dari 6 ekor atau lebih. Dua pasang finch yang dipelihara bersama dalam sebuah kandang akan cenderung bertarung akan tetapi dalam kelompok yang lebih besar mereka akan hidup bersama dengan baik. Sebaiknya hanya menempatkan satu kelompok spesies dalam sebuah kandang, atau setidaknya dengan spesies yang kompatible satu dengan yang lainnya.

Karakter Diet/ Makanan Finch

Finch termasuk dalam burung pemakan biji-bijian akan tetapi mereka juga membutuhkan beberapa variasi makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya seperti buah-buahan,sayurn atau tanaman lain, ataupun serangga. Oleh karena itu sebaiknya tidak hanya memberikan biji-bijian saja setiap hari agar burung tidak mengalami masalah kesehatan. Beberapa makanan yang mengandung kalsium juga wajib diberikan.

Karakteristik umum Finch lainnya

Karakteristik Finch yang lainnya adalah burung ini termasuk burung yang pemalu, mereka tidak suka disentuh oleh manusia, oleh karena itu penanganannya harus dijaga seminimal mungkin agar burung tidak mengalami stress. Burung yang sehat biasanya enerjik dan suka makan dan minum sepanjang hari, meskipun kebanyakan pagi dan sore hari.

__Posted on
April 27, 2020
__Categories
Artikel, Burung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *