Mabung Gould Amadine

Moulting atau Mabung Pada Burung Gould Amadine

Jika anda seorang pemula dalam memelihara burung, mungkin anda akan kaget karena banyak bulu bertebaran di lantai dan bagian alas kandang. Anda tak perlu khawatir hal tersebut adalah proses fisiologis yaitu moulting atau mabung pada burung.

Mabung atau moulting sendiri adalah proses alami pada burung dimana rontoknya bulu tua dan berganti menjadi bulu baru secara periodik. Burung yang mengalami mabung juga menandakan bahwa burung juga dalam kondisi yang sehat. Moulting biasanya terjadi pada saat lebih banyak panas dan banyak makanan yang tersedia. Cahaya dan panas merangsang hipofisis, tiroid bekerja mengeluarkan hormon yang menentukan terjadinya mabung. Mabung biasanya akan memunculkan bulu baru dengan warna yang lebi bagus.

Bagaimana proses mabung/ moulting terjadi?

Biasanya burung akan berganti bulu setahun sekali, akan tetapi ada juga yang dua kali setahun atau sekali setiap dua tahun, tergantung pada spesies burung itu sendiri.

Secara umum, berat bulu mewakili antara 3% dan 10% dari total berat burung, meskipun persentase ini dapat bervariasi tergantung spesies.

Mabung terjadi secara progresif yaitu bulu tidak sekaligus rontok kemudian berganti menjadi bulu yang baru, akan tetapi tetap menyisakan bulu untuk melindungi tubuhnya dari dingin dan tetap bisa terbang. Mabung biasanya mengikuti pola atau kronologi tertentu, dimulai dengan bulu sayap, lalu tubuh dan akhirnya ekor.

Pembentukan bulu baru pada proses mabung memerlukan prosentase protein yang tinggi. Oleh karena itu pasokan protein pada makanan mereka juga harus kita tingkatkan agar proses mabung berjalan dengan baik. Jika makanan yang dikonsumsinya tidak mampu mencukupi kebutuhannya maka biasanya kualitas bulu tidak akan optimal.

Makanan apa yang harus kita berikan pada burung mabung?

Kita harus memperkaya diet mereka dengan sayuran dan buah-buahan, suplemen vitamin dan asam amino. kecambah, telur rebus dan kedelai adalah kontribusi protein yang baik dalam makanan Anda.

Jika burung tidak memiliki diet seimbang, pergantian bulu bisa menjadi buruk dan tidak lengkap dan akan membuat bulu bulunya kusam dan bulu burung menjadi jelek.

__Posted on
July 21, 2020
__Categories
Burung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *