merawat gould amadine

Cara Merawat Gould Amadine atau Gouldian Finch

Di Alam liar Australia yang merupakan habitat asli Gould amadine, mereka sudah hampir punah, Akan tetapi burung berwarna warni ini tumbuh subur di penangkaran. Burung ini dikagumi karena kecantikan warnanya dan kelincahannya. Merawat gould amadine memang gampang gampang susah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa berkembang dengan baik.

Di alam liar Gouldian finch (Erythrura gouldiae) memiliki 3 varietas dasar yaitu berkepala merah, berkepala hitan dan berkepala kuning atau oranye. Tubuh mereka sama: sayap dan punggung berwarna ungu kebiruan, leher hijau muda dan pita pirus di bagian belakang kepala. Sisi, perut dan dada bagian bawah memudar kuning menjadi putih. Varian asli ini berkembang biak secara alami. Akan tetapi dalam perkembangannya beberapa penangkar berhasil mengembangkan beberapa warna baru, beberapa penangkaran fokus menciptakan beberapa jenis mutasi.

Finch ini biasanya memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dibandingkan burung finch lainnya, burung Gouldian finch dewasa memiliki ukuran tubuh antara 5 hingga 6 inchi. Meskipun di alam liar burung ini hanya bisa bertahan hidup sekitar 5 tahun, akan tetapi di penangkaran dengan perawatan serta pemberian nutrisi yang baik, burung ini bisa hidup hingga 9 tahun.

Kandang Gould Amadine

Gould amadine ini termasuk burung sosial sehingga sebaiknya anda tidak hanya memelihara 1 ekor burung saja dalam satu kandang. Burung ini tidak terlalu peduli dengan manusia sehingga akan susah untuk bisa membuat burung ini menjadi jinak. Kandang untuk burung ini cenderung lebih cocok menggunakan kandang yang memanjang secara horizontal. Untuk tempat berkembang biak, letakkan kotak sarang didalam kandang dengan diberi jerami atau kapas sebagai tempat mereka meletakkan telur-telur mereka.

Makanan dan Minuman Untuk Gould Amadine

Pastikan anda selalu mengganti air minumnya setidaknya sehari sekali agar air minumnya tetap bersih dan sehat. Gould amadine menyukai aktifitas mandi, sehingga alangkah baiknya anda meletakkan tempat yang bisa mereka gunakan untuk mandi setidaknya beberapa kali dalam seminggu selama satu jam atau lebih. Ganti airnya ketika air sudah mulai kotor. Di habitat aslinya burung yang juga sering dinamai pipit pelangi ini memakan biji-bijian termasuk biji rumput dana biji shorgum, akan tetapi dengan banyaknya pengembangan pemukiman dan berkurangnya rerumputan menjadi penyebab menurunnya populasi mereka di alam liar. Di penangkaran kita bisa memberinya biji-bijian yang sudah diformulasikan untuk burung finch dan sejenisnya yang banyak dijual dipasaran. Kadang kadang perlu juga diberikan buah buahan dan sayuran daun untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka. Mereka juga suka mengkonsumsi ulat sebagai makanan tambahan. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium mereka kita bisa memberikan tulang sotong yang digaantungkan disangkar atau memberinya grit atau bisa juga menggunakan kulit telur yang dihancurkan.

Yang Perlu diperhatikan Tentang Gouldian Finch

Secara Umum Gould Amadine tidak sekuat jenis finch lainnya. Mereka suka gugup dan mudah stress, oleh karena itu setelah menempatkan didalam kandang mereka sebaiknya jangan memindah mindahkannya kecuali memang sangat diperlukan. Suhu ideal untuk penangkaran burung ini antara 70 sampai dengan 75 derajat Fahrenheit atau 21 hingga 24 derajad celsius.

Jika memang tidak darurat sebaiknya tidak perlu memegang burung ini agar burung ini tidak merasa stress. Atau jika memang terpaksa harus memegangnya pegang dengan cara halus dan perlakukan dengan baik.

__Posted on
April 28, 2020
__Categories
Burung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *