Gould amadin atau gouldian finch

Penyakit Pada burung Gould Amadine

Seperti makhluk hidup lainnya goul amadine juga memiliki kemungkinan untuk terserang penyakit. Mengenali sejak dini penyakit Gould Amadine penting untuk melakukan pengobatan dengan cepat dan tepat. Perlu diketahui, secara umum, burung menyembunyikan gejala penyakit karena hal itu merupakan mekanisme pertahanan yang memastikan kelangsungan hidup mereka ddilingkungannya.

Gejala dan diaknosis Penyakit Pada Gould amadine

Jika anda bisa mengenali gejala yang dialami pada burung yang juga sering disebut sebagai rainbow finch ini, maka alternatif pengobatan bisa kita lakukan sendiri tanpa harus melalui diaknosis dari dokter hewan.

Daftar penyakit berikut ini bisa dijadikan panduan referensi dengan melihat gejala yang dialami. Pertama tama kita harus mengetahui adanya perubahan penampilan fisik maupun perilaku burung gould amadine yang kita pelihara.

Gejala Umum Penyakit Gould Amadine

Perubahan penampilan fisik yang menunjukkan bahwa gould amadine sedang sakit dapat dilihat dari : Tidak berganti bulu, bulu acak-acakan, sayap terkulai/memggantung, terdapat benjolan di kepala, perkembangan kutil atau luka, terdapat pembengkakan dan mungkin bernanah di bawah kulit, radang sendi atau alas kaki, titik hitam pada perut burung, paruh berdarah.

Perubahan perilaku: sering memejamkan mati, menjadi tidak mau berkicau atau menjadi lebih tenang, konsumsi makanan dan minuman berkurang / nafsu makan berkurang, apatis, depresi, tidak banyak bergerak atau malah tidak mau bergerak, sering berdiri dengan satu kaki, peningkatan mortalitas yang tiba-tiba.

Jika gejala umum tersebut muncul pada burung gould amadine yang anda pelihara, anda harus berhati hati dan sesegera mungkin melakukan pengobatan agar tidak berujung kematian.

Gejala spesifik

Penyakit pada saluran pernapasan gould amadine.

Gejala yang mungkin dialami jika gould amadine mengalami sakit pada saluran pernafasan : batuk, bersin, ngorok, sumbatan hidung, kelenjar mata yang tidak normal, mata berkerak, mengi, gesekan paruh yang berlebihan, mulut, mata, dan hidung berlendir.

Penyakit pada pencernaan.

Jika terdapat penyakit pada pencernaan gould amadine biasanya akan menunjukkan gejala berikut ini: diare berair berkepanjangan, minum air dalam jumlah besar, berak darah atau berak lendir, lubang hidung basah, berat badan menurun meskipun makan dan minum normal seperti biasanya, kehilangan massa otot, nafsu makan berkurang, nafsu makan berkurang, perubahan warna atau konsistensi pada kotorannya.

Penyakit Reproduksi

Gejala: daya tetas telur berkurang, penurunan kesuburan, penurunan produksi telur, embrio mati didalam telur, kematian dini pada piyikan gould amadine, sarangnya basah dan berbau, pertumbuhannya lambat dan piyikan sering mati.

Penyakit Neurologis

Gejala: kepala dan leher melingkar/meleng, jatuh ke satu sisi atau yang lain, tidak dapat bangkit atau bahkan lumpuh.

Perawatan gould amadine yang sedang sakit

Ketika salah satu burung mengalami gejala saki seperti diatas
sebaiknya langsung pindahkan dari kandang sebelumnya untuk tujuan perawatan. Rawat gould amadine yang sakit di kandang yang lain dengan tujuan agar penmyakitnya tidak menular pada burung lain.

Jika memungkinkan, berikan lampu yang agak panas dan tutup sangkar dengan krobong, pemanasan bertujuan untuk memfasilitasi burung memproduksi antibodi.
Sediakan pakan dan minuman yang cukup. Berikan kombinasi pakan berupa biji bijian yang normal.
Setelah burung ditempatkan di kandang perawatan, berikan perawatan yang maksimal agar burung dapat sembuh dan sehat kembali

Itulah beberapa jenis penyakit dan gejala yang timbul akibat penyakit pada gould amadine serta bagaimana melakukan perawatan agar cepat memperoleh kesembuhan.

__Posted on
July 16, 2020
__Categories
Burung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *