Tips Memelihara Burung Merak

Tips Memelihara Burung Merak

Merak memiliki daya tarik tersendiri, burung ini memiliki ciri khas ekor panjang pada merak jantan yang dapat mengembang menyerupai bentuk kipas pada saat musim kawin. Kita juga bisa memeliharanya sebagai pajangan di halaman rumah kita. Meskipun untuk memeliharanya kita perlu mengenal dan memiliki pengetahuan tentang perawatannya agar Merak bisa tetap hidup dan berkembang dengan baik. Secara garis besar jenis merak sendiri terdiri dari 3 jenis yaitu Merak Biru atau Merak India, Merak Hijau atau Merak Jawa dan Merak Kongo. Merak hijau sendiri saat ini populasinya terancam punah sehingga tidak disarankan untuk menjadikannya sebagai hewan peliharaan. Apabila tetap memelihara merak hijau ini, anda harus mengurus perijinan penangkaran yang cukup rumit. Jika ingin memelihara lebih disarankan untuk memelihara merak hijau karena mudah beradaptasi, lebih jinak dan kurang agresif dibandingkan jenis lainnya.

Apapun jenis merak yang ingin Anda pelihara, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang perawatan umum jika anda memutuskan untuk memelihara merak.

1. Memiliki Tanah Yang cukup

Satu burung merak setidaknya membutuhkan ruang sekitar 25 meter persegi. Hal itu selain untuk menjaga kesehatan juga burung merak tidak saling berkelahi. Tinggi kandang juga setidaknya 2,5 meter agar merak bisa terbang dan mengembangkan ekornya. Jika anda memelihara merak jantan maka anda harus memastikan kandang cukup besar untuk menampilkan bulu ekornya yang panjang tanpa rusak atau cedera.

Saat musim kawin merak akan mengeluarkan suara berisik sehingga anda harus memastikan tetangga anda tidak terganggu dengan suara merak peliharaan Anda.

2. Menjaga Suhu Tetap Hangat

Ketika dewasa burung eksotis ini memang cukup tangguh, akan tetapi kita harus menjaganya untuk tetap merasa nyaman. Sebagian besar merak berasal dari daerah yang hangat, Oleh karena itu merak cukup cocok untuk dipelihara di daerah dengan iklim tropis.

Jika anda memelihara anakan merak yang ditetaskan dari telurnya pastikan anda menempatkannya di tempat yang hangat sekitar empat hingga enam minggu setelah menetas. Anda harus menjaga suhunya agar berada di atas 95º Fahrenheit dan diturunkan 5º stiap minggunya.

3. Menjaganya Tetap Aman

Jika anda memelihara merak di tempat terbuka, anda harus memastikannya aman dari hewan predator seperti anjing, srigala atau hewan buas lainnya. Rumah pohon adalah tempat terbaik untuk melindungi mereka dari serangan predator, Selain itu merak memang suka bertengger di ketinggian.

Tempat untuk memelihara merak juga harus kering dan hangat, jangan menempatkan merak ditempat yang basah dan berlumpur karena selain akan mudah terserang penyakit juga akan mengotori dan merusak bulunya.

Sebuah kandang besar dengan dikelilingi kawat serta lampu yang hangat cukup cocok untuk memelihara merak ini.

3. Berikan makanan yang sesuai

Merak harus diberikan air segar dan dua genggam biji bijian setiap harinya. Untuk di penangkaran anda bisa juga menggantinya dengan memberikan voer dan makanan tambahan lainnya.

Sekitar 5-10% dari diet lengkap merak bisa terdiri dari kacang tanah atau biji bunga matahari, ditambah dengan sayuran hijau seperti kol atau kangkung. Pilihan lain untuk diet protein yang lebih tinggi auntuk mereka adalah dengan memberinya makanan kucing atau anjing.

4. Perhatikan Kesehatannya

Untuk menjaga kesehatan mereka anda harus memastikan mereka terbebas dari parasit eksternal seperti, tungau, kutu dan lain lain. Karena merak bukanlah hewan ternak biasa, maka tidak ada jadwal pasti kapan kita harus memberinya vaksin. Akan tetapi cacar burung, penyakit komedo, dan coccidiosis selalu menjadi perhatian. Sebaiknya tanyakan kepada dokter bagaimana langkah untuk mencegah dan mengobati penyakit-penyakit tersebut.

Jika anda tertarik untuk memelihara merak, kami juga bisa menyediakannya untuk Anda.Jangan sungkan untuk pencet tombol Whatsapp di pojok kanan bawah untuk menghubungi kami. Jual Merak Yogyakarta

__Posted on
July 22, 2020
__Categories
Burung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *